Minggu, 07 Juni 2015

Jakarta - Bandung
 Antara Kota Metropolitan Dan Kota Kembang
23-25 Mei 2015

Dalam mengisi waktu libur singkat, saya memilih mengunjungi kota ini untuk melepaskan penat. Semoga liburan kali ini dapat merefresh otak yang telah jenuh akan aktivitas padat sehari hari.  Setelah Terbang di atas awan, pesawat mendarat  di Bandara Soekarnoe Hatta tercinta. Tak  ada perubahan yang signifikan bandara berwarna orange ini. Jika melihat Bandara ini saya selalu  teringat akan scene film ada apa dengan cinta yang fenomenal itu. Tanpa pikir panjang, kami pun meninggalkan bandara ini dan menuju ke pusat kota. Yeah, time for shooping. Dahulu Jakarta pernah dikenal dengan nama Sunda Kelapa (sebelum 1527), Jayakarta (1527-1619), Batavia/Batauia, atau Jaccatra (1619-1942), Jakarta Tokubetsu Shi (1942-1945) dan Djakarta (1945-1972). Di dunia internasional Jakarta juga mempunyai julukan seperti J-Town. Luas kota Jakarta sekitar 661,52 km² (lautan: 6.977,5 km²), dengan penduduk berjumlah 10.187.595 jiwa (2011). Wilayah metropolitan Jakarta (Jabotabek) yang berpenduduk sekitar 28 juta jiwa, merupakan metropolitan terbesar di Asia Tenggara atau urutan kedua di dunia.

Hari Pertama (23 Mei 2015)

Plaza Taman Anggrek Mall
Alamat : Jl. Letjen. S. Parman Kav. 21, Slipi, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Buka       : 10.00 – 22.00
Mobil pun melaju menghadang kemacetan khas kota ini. Meski cukup sumpek, tapi kami tetap menikmati. Toh, masih tidak terlalu berarti kemacetannya. Gedung gedung pencakar langit menghiasi kaca mobil kami. Cukup menghibur dengan pemandangan gedung gedung tinggi. Ya, Jakarta layaknya kota maju di dunia. Akhirnya kami tiba di plaza ini.  Belanjanya kali ini seperlunya saja, mana yang bagus, unik dan harga yang wajar aja. Saya hanya belanja beberapa potong kemeja dan jam tangan saja. Karena brand brand nya tersebut juga ada di kota saya. Saya cari yang tidak ada aja. Selebihnya saya duduk duduk saja mengamati lalu lalang keramaian pengunjung.

Plaza  Grand Indonesia
Alamat      : Jl. M.H. Thamrin No. 1, Menteng, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Buka          : 10.00 – 22.00.
Plazanya keren dan lengkap. Tidak cukup satu hari untuk mengunjungi plaza ini.  Rekomendasi bagi para penggila belanja. Saya tidak ada belanja apapun di mall ini. Tidak ada yang sreg. Lagian Tadi udah belanja di taman anggrek mall.   Untuk mengisi waktu, saya menyaksikan atraksi air mancur. Overall pertunjukkan 15 menit yang free, menurut saya cukup bagus. Dengan air terjun menari-nari, lampu warni warni dan musik mengalun merdu. Layaknya berupa opera mini gitu. Cukup menghibur, setelah lelah berbelanja.

Hotel Grand Alia Pasarbaru
Alamat: Jalan Pasar Baru Selatan No.13, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Phone:(021) 3451920
Setelah itu kami menuju hotel. Hotelnya bersih dan syariah. Sarapannya juga enak.

Hari Kedua ( 24 Mei 2015)
Kota Tua Jakarta
Alamat : Jalan Taman Fatahillah No.1, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Tiket     :Free
Hari ini, saya akan mengunjungi kota Bandung. Tapi sebelum ke kota kembang saya berniat ke kota tua dulu. Sebenarnya lucu sih kesini pagi-pagi. Tidak direkomendasi. Lebih bagus sore an gitu, karenan banyak pedagang kaki lima yang jualan gitu.  Tapi kalo untuk hunting foto, lebih bagus pagi atau siang hari. Karena bebas pedagang, yang agak menganggu suasana kota tua itu. Kota Tua Jakarta, juga dikenal dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia), adalah sebuah wilayah kecil di Jakarta, Indonesia. Wilayah khusus ini memiliki luas 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat (Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka). Dijuluki "Permata Asia" dan "Ratu dari Timur" pada abad ke-16 oleh pelayar Eropa, Jakarta Lama dianggap sebagai pusat perdagangan untuk benua Asia karena lokasinya yang strategis dan sumber daya melimpah. Menurut saya kota tua cukup bagus.dan cukup terawat lah. Overall bagus, kita bisa keliling naik sepeda meraskan kota tua, mengunjungi museum, atau sekedar foto foto saja. Saya harap, kota tua lebih ditata dan dibuat lebih hijau untuk mempercantik suasanannya. Selain itu pedagang agak mengganggu pemandangan. Mungkin pemerintah bisa mencontoh George Town di Penang, dataran merdeka KL, Singapore yang kota tuanya itu bagus banget. Benar benar terasa kembali di zaman dulu.

Kota Tua Jakarta

Setelah berwisata sejarah, mobil kami pun menuju kota yang terkenal akan gedung sate. Jarak tempuhnya sekitar 2 jam. Merupakan kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Penduduknya didominasi oleh etnis Sunda, sedangkan etnis Jawa merupakan penduduk minoritas terbesar di kota ini dibandingkan etnis lainnya. Dan penduduk menganut agama islam sebanyak Islam (70,89%). Bandung dipengaruhi oleh iklim pegunungan yang lembab dan sejuk, dengan suhu rata-rata 23.5 °C. Makanya kota ini sejuk dan teduh.

Tangkuban perahu
Alamat: Jl. Raya Tangkuban Parahu No. 147 Lembang Bandung Utara/Lembang
Tiket    : Rp 13.000
Gunung Tangkuban Perahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang.Salah satu tempat wajib dan andalan kota ini adalah tangkuban perahu. Suasananya indah dan Sejuk khas pegunungan. Kita tidak perlu mendaki gunung untuk melihat kawah. Tak berhenti mata untuk melihat indahnya pemandangan kawah. Asap asap juga menghiasi disekitar dinding dinding gunung yang penuh dengan ukiran ukiran mesterius. Sungguh menambah ke eksotisan gunung ini.  Asal-usul Gunung Tangkuban Perahu dikaitkan dengan legenda Sangkuriang, yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya, Dayang Sumbi/Rarasati. Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat supaya Sangkuriang membuat sebuah telaga dan sebuah perahu dalam semalam. Ketika usahanya gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu itu sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Parahu.Tapi sayang, banyak pedagang yang berjualan di bibir bibir kawah yang agak mengganggu pemandangan.  Jangan lupa mengabadikan foto untuk kenangan yah.

Tangkuban Perahu

De ranch
Alamat: Jl. Maribaya No. 17, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Phone  :(022) 2785865
Buka    :  9AM–5PM (setiap hari)  weekend/hari libur: 08.00 - 18.00 (senin libur)
Tiket     : Rp 5.000
Pemberhentian kita selanjutnya adalah de ranch. Peternakan di mana kuda masih merupakan hewan pekerja yang utama seperti di zaman cowboy. Setelah masuk kamu dapat mencicipi susu segar yang free. Hehehe cukup mengganjal lapar. Pokoknya tempat yang unik, cocok untuk keluarga. Suasana nya sangat mendukung. Kami tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan dunia koboi. Di lembang juga ada.  Intinya sangat rekomendasi deh. Ada kuda kuda, sado dan pemandangan gunung gunung yang indah menjadi latar tempat ini. Kamu dapat naik kuda untuk mengelilingi di sekitar obyek wisata ini.

De Ranch

Floating Market Lembang
Alamat : Jl Grand Hotel No. 33 E, Bandung Barat, West Java 40391, Indonesia
Telepon:022-2535898
Buka
Week day: 09:00 - 17:00 WIB
Week End: 09:00 - 20:00 WIB
Tiket: 15.000/pax
Foating Market Lembang menyajikan konsep wisata yang menggabungkan antara perpaduan alam lembang yang mempesona dengan pasar terapung tradisional seperti yang ada di bangkok thailand, sungai kuin Banjarmasin. Selanjutnya, kita makan siang dulu ya. Makan khas sunda. Enak pisan. Di sini banyak restoran yang menyediakan menu menu yang tidak diragukan lagi rasanya. Setelah makan siang, kami pun bergegas untuk mengelilingi taman ini. Taman taman tertata denga rapi. Danau yang indah dengan kapal kapal kayu mempercantik suasana dan ikan ikan menghiasi danau ini. Seperti berada di kampung. Atraksi favorit di sini adalah Floating market. Para pedagang yang berjualan di bibir bibir danau dengan sampannya, yang seolah olah sedang mengapung. Sangat unik dan kreatif. Makanannya juga enak-enak yang sayang untuk dilewatkan. Harganya juga terjangkau. Pokoknya rekomendasi wisata kuliner disini.

Floating Market Lembang

Paris van java
Alamat:  Jl. Sukajadi No. 131 - 139, Jawa Barat
Phone:(022) 2060800
Buka  : 10 AM- 10 PM
Mall ini merupakan salah  satu mall yang lagi ngehits di kota ini. Mal yang diresmikan pada bulan Juli 2006. Suasanan kota tua di eropa mempercantik mall ini. Kita merasa ada di lorong lorong kota tua gitu. Pengunjung tidak hanya  belanja saja tapi bisa menikmati suasana vintage. Di mall ini saya hanya tertarik membeli kaus di H&M saja. Selebihnya saya, duduk duduk menikmati layaknya kota tua sambil makan Es krim khas jeju yang lagi populer saat ini.

Rumah mode Factory Outlet dan Jalan Cihampelas
Rumah mode FO
Alamat: Jl. Dr. Setiabudhi No.41, Pasteur, Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat
Phone:(022) 2035498
Buka  : 9.30 AM -08.30 PM
Bandung dikenal akan kota fashionnya. Para wisatawan lokal maupun mancanegara berbondong bondong untuk shooping di tempat ini. Barang barang nya beragam. Baju. Sepatu, celana dl. Bagi pecinta fashion tak  ada salahnya meluangkan waktu untuk berbelanja dengan harga murah tapi kualitas ok.  Kali ini saya hanya berbelanja di sepasang baju dan celanan jeans di FO saja  Sedangkan di jalan cihampelas hanya cuci mata saja.

Paskal Food Market
Alamat: Paskal Hyper Square, Jl. Pasir Kaliki No. 25-27, Kebon Jeruk, Andir, Jawa Barat
Phone:(022) 92839031
Buka:11.AM- 10.30 PM
Kita dapat menikmati makanan dari rumah makan atau restoran terkenal di Bandung. Gak perlu keliling kota untuk mengunjungi satu per satu restoran itu. Hanya di satu tempat, semuanya ngumpul disini. Suasannya juga romantis. Dengan lampu lampu kuning, alunan musik yang  mendukung suasana malam itu. Paskal Food Market terkenal sebagai pusat kuliner kota kembang menu makanannya lengkap & suasananya asik!

Hotel Amaris Cihampelas Bandung
Jl. Cihampelas No.171
Untuk beristirahat malam ini, kami menginap di hotel minimalis hotel Amaris. Menurut saya hotelnya simple dan bersih.

Hari Ketiga (25 Mei 2015)

Kawah putih
Alamat   : Jalan Situ Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat
Buka      : Pukul 07:00 WIB - 17:00 WIB
Tiket       : 18.000
Kawah Putih adalah sebuah tempat wisata di Jawa Barat yang terletak di kawasan Ciwidey. Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna. Kawah ini berada pada ketinggian +2090 m dpl dibawah puncak/titik tertinggi Gunung Patuha. Merupakan tempat wisata favorit saya di Bandung. Kenapa? Karena kawahnya itu berwarna biru toska ditambah ranting ranting mempercantik disekeliling kawah. Selain itu suasananya itu damai dan nyaman, yah karena bebas dari pedagang pedagang. Tapi pengunjung hanya diberi waktu selama 15 menit saja. Tempat ini saya teringat akan scene film romantis Indonesia yaitu Heart. Lokasi shooting nya itu disini.

Kawah Putih

Kebun Teh Rancabali
Alamat :  Kecamatan Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat dimana tak jauh dari objek wisata Kawah Putih
Bandung terkenal akan kebun tehnya. Kebun Teh Ranca Bali berada pada level ketinggian 1.628 meter diatas permukaan laut (dpl) Suhu di kawasan ini sekitar 20° C, sehingga udara di sekitar kebun teh sejuk. Panorama alam khas perkebunan teh rancablai yang berbukit dan berkelok-kelok. Kita dapat menyusuri dengan berjalan di jalan setapak di kebun teh ini. Tidak ada aktivitas yang dapat kita lakukan disini, selain mengabadikan gambar dengan  latar bentangan kebun teh layaknya karpet. Sangat indah, serasa kembali ke kampong halaman. Bebas dari polusi, kemacetan dan debu. Kita dapat menghirup udara bersih disekitar sini.

Situ gintung
Alamat: Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973 - Indonesia.
Tiket    : Rp18.000 / orang untuk weekday dan Rp.20.500/orang
Buka    : 06.00- 18.00
Setelah dimanjakan dengan yang hijau hijau, kita lanjut mengunjungi danau situ gintung. Danau ini berada disekitar kebun teh. Mobil berjalan perlahan menyusuri kebun teh yang membentang luas. Dari atas, kita dapat melihat kebun teh berdampingan dengan danau. Pemandangan yang sangat memukau Terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki pemandangan yang sangat eksotik. Situ patenggang juga memiliki pemandangan alam yang asri, karena disekitarnya terdapat hamparan kebun teh. Tak terasa mobil kami tiba di parkiran tepi danau, Menurut saya pemandangan kebun teh dengan danau dari kejauhan lebih menarik dibanding langsung  didanaunya. Danaunya dengan Luas sekitar 45.000 hektar. Serta total luas cagar alamnya mencapai 123.077,15 hektar. Dengan kapal warna warni, pengunjung bisa mengunjungi pulau pulau. Secara keseluruhan danau ini cukup bagus dan bersih. Saya sangat salut dengan pengolalahan parawisata di bandung ini. Yang sejujurnya danau toba di sumatera utara lebih indah tapi tidak terawat. Hmmm Sangat disayangkan.

Situ Patenggang

Setelah itu kami makan siang untuk mengisi perut lalu bergegas menuju bandara untuk kembali ke kota asal dan besok beraktivitas kembali. Setelah berwisata alam semoga dapat menyejukkan hati dan pikiran.  Terimah kasih untuk hari hari  yang indah .